BUAH-BUAHAN DALAM AL QUR’AN : 5 Buah Tercatat Spesifik dalam Al Quran selain Kurma

Dari beragam varian buah di dunia, ternyata ada beberapa diantaranya yang spesifik disebutkan dalam Al Quran. Tak melulu kurma, lho. Buah-buahan tersebut terdiri dari buah yang kerap ditemukan dalam keseharian hingga yang terbilang agak jarang. Nah, penasaran buah apa saja kah itu? Yuk, simak ulasan berikut!

  1. Pisang, Surah Al-Waqiah

Surah ke-56 ini tersusun atas 96 ayat, dan termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. Nah, salah satu ayat dalam surah yang memiliki arti ‘Hari Kiamat’ tersebut, yakni ayat 29, menyebutkan,

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”

Usut punya usut, pisang memiliki kandungan karbohidrat dan pottasium dengan jumlah yang terbilang banyak. Buah ini dapat memberi efek mengenyangkan, meredakan demam, bahkan melancarkan sistem pencernaan.

  1. Anggur, Surah Al-Mu’minun

Anggur merupakan salah satu buah yang kerap disebutkan dalam Al Quran. Salah satunya dalam surah ke-23, tepatnya surah Al-Mu’minun (Orang-Orang yang Beriman). Satu dari 118 ayat dalam surah tersebut, yakni ayat 19, menyebutkan,

“Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu memperoleh buah yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan.”

Secara medis, Anggur memang menawarkan segudang manfaat. Misalnya, direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita liver dan ginjal, meredakan gangguan sistem pencernaan, hingga meminimalisir stres.

  1. Delima, Surah Al-An’am

Surah Al-An’am yang berarti ‘Binatang Ternak’ ini merupakan surah ke-6 dalam Al Quran. Terdiri dari 165 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah sebab  hampir seluruh ayatnya diturunkan di Mekkah sebelum hijrah. Nah, pada ayat 141, disebutkan,

“Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Usut punya usut, Delima ternyata mengandung bahan-bahan yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung dan syaraf, serta baik untuk mengontrol kadar gula darah.

  1. Zaitun, Surah An-Nahl

Surah ke-16 tersebut terdiri dari 128 ayat, serta termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah. Dalam Surah An-Nahl (Lebah), tepatnya ayat 11, disebutkan,

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman;zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Buah Zaitun memag kadung dikenal akan segudang manfaatnya. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Misalnya, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh hingga menghaluskan kulit.

  1. Tin, Surah At-Tiin

Dikenal juga dengan nama Fig atau Ara. Buah yang satu ini disebut dalam Surah At-Tiin yang merupakan surah ke-95, serta terdiri dari 8 ayat. Nama At-Tiin berasal dari kata At-Tin yang terdapat pada ayat pertamanya, dan memiliki arti ‘buah Tin’.

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,

Ditilik dari sisi medis, buah Tin ternyata kaya akan serat tinggi, rendah kalori, dan bebas lemak. Tak hanya itu, buah Tin yang manis lagi renyah tersebut juga mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, bahkan vitamin C yang terbilang tinggi.

Itulah beberapa buah yang disebutkan secara spesifik dalam Al Quran. Nah, kamu sudah baca Al Quran kah hari ini?