Menyambut Hari Anak Nasional

Oleh Bu Lika

Setiap manusia lahir dalam keadaan berislam, sebagaimana sabda Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam:
كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ
“Setiap manusia yang lahir, mereka lahir dalam keadaan fitrah. Orang tuanya lah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani” (HR. Bukhari-Muslim)
Dari Hadits di atas kita dapat menarik garis sebagai berikut

1. Menerangkan bahwa manusia itu terlahir dalam keadaan fitrah atau Islam. Orang tua dan lingkungannya yang akan membawanya tetap dalam kefitrahannya yaitu Islam atau berubah menjadi selain Islam ( Nasrani, Yahudi, dan lainnya ) dan kita sebagai orang tua wajib menjaga sifat Fitrah tersebut

2. Fitrah atau suci seperti kertas putih polos tanpa tulisan akan tetapi telah diberikan potensi dan bakat oleh Allah Aza wa Jalla yang mana orang tuanya yang harus menulis dan memberikan warna serta dibawa ke lingkungan mana sesuai dengan keingingan kita. Orang tua dan lingkunganya yang berperan aktif mempengaruhinnya, menggalinya dan mengasahnnya sehingga potensi itu muncul dan berkembang sebagaimana mestinya
Sebagai mana Visi Islamic Green School yaitu Menjadi sekolah unggulan berbasis individu dengan melihat minat, bakat, dan fitrah peserta didik . Di dalam konsep pendidikan di Islamic Green school yang 8 pilar yaitu :

1. Akhlakul Karimah
Memberikan bimbingan dalam beribadah yang benar yang berupa pembiasaan dan praktek dalam keseharian saat datang ke sekolah hingga pulang . Dari mulai sholat dhuha, dzikir, murojaah Al Quran, Akhlak dan adab dengan guru, sesama teman dan orang tua dan keluarganya , serta sholat berjamaah.

2. Entrepreneur
Memberikan bekal dasar bagi siswa untuk berwira usaha , mengoptimalkan kecerdasan dalam berbisnis, berinovasi dan bertekad untuk maju ke depan . Memanfaatkkan peluang berbisnis yang bermanfaat dan berdampak baik bagi masyarakat.

3. Social Comunication skill
Memberikan bimbingan dan contoh yang baik dan berakhlak kepada siswa dalam ketrampilan berinteraksi ,berkomunikasi, berhubungan, dan bersosialisasi dengan orang lain baik secara verbal ataupun nonverbal sehingga mempunyai rasa percaya diri dalam hubungan social di masyarakat.

4. Cambridge Examination Preparation
Mengantarkan siswa memiliki keterampilan berbahasa Internasional sehingga mampu bersaing dalam pendidikan selanjutnya

5. Leadership
Memberikan bekal , bimbingan dan pelatihan dalam memimpin kepada diri sendiri dan kepada orang lain

6. Resilience
Mendidik untuk dapat beradaptasi dan bertahan dalam lingkungan dan kondisi yang tidak nyaman / menyenangkan sehingga menjadi kuat mentalnya.

7. Scientific Logic
Mendidik dan membimbing siswa dalam berpikir logis, berilmu pengetahuan, mempunyai projek dan ketrampilan dalam mempelajari sesuatu yang baru

8. Takhfidzl Qur’an
Mendidik dan membimbing siswa untuk mencintai Al Qur’an dengan cara membaca, menghafalnya , mempelajari dan mengimpletasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah ulasan sedikit tentang makna Hadist di atas dalam menyambut Hari Anak Nasional di tengah Pandemik ini semoga kita tetap bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai orang tua dalam mengemban amanah dari Allah Subhanahu wata’ala.

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL SEMOGA ANAK-ANAK KITA BISA MENJADI ANAK YANG SHOLEH, BERAKHLAK MULIA BERMANFAAT BAGI UMAT DAN IKUT SERTA DALAM MEMBANGUN DAN MEMAJUKAN BANGSA INI MENJADI BANGSA YANG BERMARTABAT