Kami percaya bahwa sekolah merupakan dunia kecil sebagai sarana uji latih bagi anak-anak diluar lingkungan keluarga intinya. Melalui sekolah orangtua dan anak mendapat kesempatan untuk melihat hasil ujian kesuksesan tiap fase tumbuh kembangnya sebelum anak mampu berkarya dan berkreatifitas secara mandiri di dunia nyata. Di dalam sekolah, guru berkesempatan menginisiasi, mengkondisikan dan memotivasi kegiatan belajar yang terarah dan terukur agar anak menemukan dan mencapai potensi-potensi alamiah terbaiknya sehingga mengkristal menjadi kompetensinya di masa depan. Karena itu Islamic Green School menyatukan ketiga level program pendidikan (TK – Montessori , SD dan SMP) dalam satu lingkungan pendidikan agar fase tumbuh kembang anak sejak usia dini dapat terlihat dan terpantau secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan di Islamic Green School.
Tujuan Pendidikan di Islamic Green School
Meletakkan dasar aqidah yang lurus, aqlak yang mulia, logika ilmiah, karakter kepemimpinan, cinta lingkungan, serta dasar-dasar ketrampilan untuk hidup mandiri.
Karena itu tugas kamilah menyiapkan konsep dan kurikulum pendidikan yang sejalan dengan fitrah manusia sebagai khalifatullah fil ardh serta mendukung para guru yang bergabung di sekolah kami untuk mampu memahami dengan baik 8 aspek penting untuk diperhatikan sebagai prinsip penyelenggaraan pendidikan di Islamic Green School, yaitu:
8 Pilar Islamic Green School
AKHLAQUL KARIMAH , TAHFIDZUL QUR’AN, SCIENTIFIC LOGIC, LEADERSHIP, ENTREPRENEURSHIP, SOCIAL COMMUNICATION SKILL, RESILIENCE, ENRICHMENT IN ENGLISH AND ARABIC.
Islamic Green School mengintegrasikan kelima kurikulum berikut ini dalam satu kesatuan yang diimplementasikan dalam standar operasional harian kegiatan belajar siswa yang berbeda di tiap level TK – SD dan SMP. Masing-masing level memiliki kekuatan pilar yang berbeda sesuai dengan fase tumbuh kembang anak.
Kurikulum Islamic Green School
- Islamic Character Based
Menguatkan 5 S dan 2P: Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Peduli dan Perhatian
- Green School/ Sekolah Alam
Mengoptimalkan alam sebagai wadah belajar dan mengembangkan ilmu secara berkesinambungan.
- Kurikulum Nasional
Mengimplementasikan Kurikulum Nasional 2013 dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan ketentuan SPMI yang dicanangkan pemerintah
- Cambridge Curiculum
Menguatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa melalui 3 mata pelajaran utama : IPA, Bahasa Inggris dan Matematika
- Tahfidzul Qur’an
Menghafal bacaan sholat yang baik dan benar, dzikir selepas sholat fardhu dan Al Qur’an juz 30
Jam Kegiatan Belajar Mengajar
TK – Montessori
Senin – Jum’at : Pukul 07:30 – 12.30
SD – Primary
Senin – Jum’at : Pukul 07:30 – 14.00
SMP – Secondary
Senin – Jum’at : Pukul 07:30 – 15.00
Jadwal Ekstrakurikuler
Hari | Ekstrakulikuler |
Senin | – Mewarnai – Archery Group A |
Selasa | – English Club – Robotic – Tanah Liat |
Rabu | – Tari |
Kamis | – Pramuka – Tahfidz |
Jum’at | – Archery Group B – Futsal |