Kurikulum Sekolah Dasar Islamic Green School mengimplementasikan Kurikulum K13, Kurikulum Sekolah Alam dan Kurikulum Cambridge. Kami merancang kurikulum kami sendiri untuk mengembangkan 8 Pilar yang merupakan konsep sekolah kami.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Pada tahun ajaran 2013/2014, tepatnya sekitar pertengahan tahun 2013.

Tujuan dan karakteristik kurikulum 2013 adalah Siswa dituntut untuk berpikir lebih kreatif, inovatif, cepat dan tanggap selain itu dalam kurikulum 2013 siswa dilatih untuk menumbuhkan keberanian dalam dirinya. Siswa akan dilatih kemampuan berlogika dalam memecahkan suatu permasalahan. Dalam kurikulum 2013 ini juga diberikan atau dimasukkan unsur-unsur kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara serta unsur keagamaan untuk membentuk siswa yang berkarakter.

  1. Mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik;
  2. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;
  3. Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;
  4. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  5. Kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran;
  6. Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti;
  7. Kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

Dengan 7 karakteristik tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan dari kurikulum 2013 ini adalah untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Manfaat Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Islamic Green School

Adapun manfaat dari penerapan pembelajaran tersebut :

  1. Siswa mudah memusatkan perhatian pada suatu tema tertentu,
  2. Siswa mampu menjalin kerjasama dan saling membantu  sesama teman untuk menjawab soal yang sulit di pahami.
  3. Pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan mudah di pahami,
  4. Siswa dapat di latih kejujuran dan mampu menerima kekurangan dari temannya masing-masing.
  5. Siswa mampu lebih merasakan manfaat dan makna belajar karena materi disajikan dalam konteks tema yang jelas.
  6. Siswa lebih bergairah belajar karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata, untuk mengembangkan suatu kemampuan dalam satu mata pelajaran sekaligus mempelajari mata pelajaran lain.

Sekolah alam merupakan salah satu model pendidikan yang berupaya untuk melakukan pengembangan pendidikan secara alami seperti belajar dari segala makhluk di alam semesta ini. Di samping itu sekolah alam juga merupakan suatu bentuk alternatif pendidikan yang menggunakan alam untuk media utamanya dalam pembelajaran siswa.

Konsep pendidikan yang diterapkan pada sekolah alam adalah :

  • Menggunakan alam untuk tempat belajar
  • Menggunakan alam untuk bahan dan media ajar
  • Menggunakan alam untuk objek pembelajaran

Kurikulum Dasar Mendirikan Sekolah Alam yaitu:

  1. Penciptaan ahlak yang baik (karakter)
  2. Penguasaan ilmu pengetahuan
  3. Penciptaan pemahaman kepemimpinan yang memadai.

Metode belajarnya sebagai berikut:

  1. Tahfidzul qur’an, digunakan metode mengahafal alqur’an, membaca iqro/qur’an, dan menulis huruf hijaiyah.
  2. Dalam membentuk akhlaqul karimah, digunakan metode keteladanan. Guru harus mencontohkan akhlaq secara nyata kepada siswa.
  3. Dalam membentuk jiwa wirausaha/enterpreneur, digunakan metode magang agar murid berinteraksi dengan unit, pelaku dan lingkungan bisnis.
  4. Dalam membentuk logika ilmiah, digunakan metode spider-web, alam & bisnis sebagai media belajar. Guru memfasilitasi siswa berinteraksi dengan alam dengan rangkaian tema/projek pembelajaran sedemikian rupa sehingga anak mendapatkan pemahaman yang holistik tentang alam semesta.
  5. Dalam membentuk risiliensi, digunakan metode siswa mampu menyelesaikan masalah/ problem solving.
  6. Dalam membentuk komunikasi sosial, digunakan metode 5 S yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun.
  7. Dalam membentuk jiwa kepemimpinan/leadership, digunakan metode out-bound sebagai media belajar. Guru melakukan aktivitas out-bound secara praktis bersama siswa.

Manfaat dari sekolah alam yaitu:

  1. Siswa bisa bebas berekspresi termasuk dalam melakukan berbagai eksperimen.
  2. Siswa bisa mengeksplorasi segalanya yang ada di sekitar mereka.
  3. Membuat anak lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan, sehingga selain bisa menghargai perbedaan-perbedaan yang ada.
  4. Siswa bisa mengajarkan betapa pentingnya menghargai alam.
  5. Membangun kemampuan-kemampuan dasar siswa yang membuatnya proaktif dan adaptif terhadap perubahan-perubahan lingkungan.