Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013

SMP Islamic Green School menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2013 sebagai Main kurikulum. Adapun beberapa program yang mendukung pengembangan diri siswa/I SMP Islamic Green School, yaitu :

SMP Islamic Green School menerima siswa inklusi dengan kuota tertentu dalam satu kelas. Program untuk siswa inklusi ini dilakukan secara berkala setiap pekan baik di dalam kelas maupun di ruang khusus. Program inklusi ini diatur oleh bagian Inclusive Centre .

Dengan adanya program inklusi ini, siswa yang memiliki keistimewaan dapat sama-sama tumbuh dan menggapai tujuan belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa tersebut.

SMP Islamic Green School merupakan sekolah yang terintegrasi dengan konsep pendidikan sekolah alam. Dimana konsep pembelajarannya adalah “Learning is Fun” yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas. Program ini memiliki kegiatan pengembangan diri terkait lingkungan, serta pengembangan minat dan bakat siswa.

Diharapkan siswa mendapatkan suasana dan pengalaman belajar yang berbeda sehingga tercipta lulusan yang kreatif dan mandiri.

Selain program sekolah alam yang digunakan di SMP Islamic Green School sebagai program pendukung, Program Cambridge pun diterapkan di sekolah kami dengan menggunakan buku serta pembelajaran yang menunjang program tersebut. Program ini dioptimalkan dengan penggunaan bahasa Inggris dalam kegiatan belajar mengajar hingga bentuk assessment nya. Program ini juga memfasilitasi bagi siswa yang akan melanjutkan studi ke sekolah internasional atau sekolah luar negeri dengan melalui test Cambridge (Cambridge Examination).

Siswa diharapkan mendapat pengalaman belajar yang berbeda serta berwawasan global.