Akhlaqul Karimah

Akhlaqul karimah adalah akhlak yang baik dan terpuji. Semua umat manusia harus mempunyai sifat akhlaqul karimah. SMP Islamic Green School mengajarkan peserta didiknya untuk memiliki sikap dan karakter terpuji yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Program-program yang temasuk dalam akhlaqul karimah adalah:

Bertujuan agar peserta didik mampu memahami dan menerapkan tauhid, fiqih dan aqidah.

 Learner Outcome: peserta didik mampu meningkatkan keesaan kepada Alloh, melaksanakan tuntunan sesuai dengan ajarannya dan menjauhkan larangan nya, serta mampu mengaplikasikan sikap dan prilaku yang sesuai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari.

Bertujuan agar peserta didik terbiasa menggunakan kata “maaf, terima kasih, tolong, permisi, dan salam” dalam kehidupan sehari-hari.

Learner Outcome: peserta didik mampu terbiasa menggunakan kata-kata magic di lingkungan sekolah ataupun rumah.

Bertujuan agar peserta didik terbiasa menyisihkan uang untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah atau berada di daerah konflik.

Learner Outcome: peserta didik mampu berempati terhadap sesama di daerah yang terkena musibah atau daerah konflik perang.

Bertujuan agar peserta didik terbiasa  melakukan sholat Fardhu (lima waktu) secara berjamaah dan sholat dhuha secara mandiri.

Learner Outcome: peserta didik terbiasa melaksanakan sholat fardhu dan sunnah.

Bertujuan agar peserta didik terbiasa membaca dzikir setiap sholat dan Al-matsurat di waktu pagi hari.

Learner Outcome: peserta didik memahami dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bertujuan agar peserta didik dapat menjaga kebersihan dan kerapihan diri, kelas, dan lingkungan.

Learner Outcome: peserta didik memahami bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Tahsin dan Tahfidz Qur’an

Membaca Al Quran merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam. Tidak hanya cukup dengan membacanya saja, kitab suci Al Quran tentu harus dipelajari. Di Islamic Green School diajarkan tahsin dan tahfidz Quran agar peserta didik mampu membaca Al – Quran dengan tartil. Program – program yang termasuk dalam tahsin dan tahfidz Quran.

Bertujuan agar peserta didik terbiasa membaca Iqro/Al Quran dengan tartil.

Learner Outcome: peserta didik mampu memahami dan menerapkan bahwa membaca Al Quran wajib bagi setiap umat islam

Bertujuan agar peserta didik mampu menghafal surat – surat dalam Al – Quran

Learner Outcome: peserta didik mampu dan menghafal dan mengaplikasikan kandungan isi Al – Quran dalam kehidupan sehari – hari.

Bertujuan agar peserta mengetahui hadist – hadist pendek.

Learner Outcome: Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan hadist pendek dalam kehidupan sehari-hari

Leadership

Setiap anak pasti memiliki potensi kepemimpinan. Agar potensi tersebut berfungsi nantinya butuh aktualisasi sejak dini. Aktualisasi adalah proses mengasah dengan berbagai cara, termasuk membuat potensi itu menjadi aksi (nyata). SMP Islamic Green School mengajarkan leadership pada peserta didik. Program-program yang temasuk dalam leadership adalah:

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, psikomotor peserta didik.

Learner Outcome: peserta didik menjadi kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila.

Bertujuan agar peserta didik merasa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan kelas dan sekolah.

Learner Outcome: peserta didik menjadi pribadi yang mandiri dan terbiasa untuk menjadi pribadi yang selalu menjaga kebersihan diri maupun lingkungannya

OSIS merupakan sebuah wadah yang memfasilitasi para siswa untuk bekerja sesuai tugasnya masing-masing demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga berfungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa.

Bertujuan agar membangun kepribadian yang kuat, memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin dan bertanggung jawab pada peserta didik.

Learner Outcome: peserta didik memahami arti kepemimpinan dan struktur organisasi, memiliki ketrampilan dalam bersosialisasi dan berorganisasi.

Tujuan: membantu teman yang belum paham, sehingga akan terjadi kegiatan belajar yang aktif, komunikatif dan menyenangkan

Learner Outcome: Belajar dengan teman sendiri dapat menghilangkan kecanggungan bagi siswa yang malu bertannya dan bagi tutor akan lebih mengusai pelajaran tersebut. SMP Islamic Green mengadakan program tutor sebaya.

Intermediate Entrepreuneurship

Kesuksesan tidak terjadi dalam waktu semalam melainkan dicapai melalui proses yang panjang untuk dapat mengembangkan mindset peserta didik yang akan mengantar mereka ke pintu kesuksesan, SMP Islamic Green School mengadakan program-program yang menunjang kemampuan mereka dalam berwirausaha. Program-program yang temasuk dalam entrepreneurship adalah:

Bertujuan:agar peserta didik mengetahui konsep jual dan beli, mengenal untung dan rugi, dan mencoba mengahasilkan produk

Learner Outcome: peserta didik mampu memahami nilai uang dan berani dalam berinteraksi, menawarkan barang jualannya, melakukan transaksi jual beli, menghitung untung dan rugi dari hasil transaksi jual beli, dan terbiasa berpikir secara kreatif untuk menghasilkan suatu produk.

Bertujuan agar peserta didik memahami dan menerapkan reduce, recycle, dan reuse.

Learner Outcome:Peserta didik dapat berkreasi dan menghasilkan laba dengan menggunakan barbes.

Merupakan pembelajaran konkrit yang menumbuhkan jiwa kewirausahaan, belajar mengatur, mengolah dan mengembangkan usaha, diarahkan sesuai minat dan bakat peserta didik.

Social and Communication Skills

Keterampilan sosial merupakan kemampuan yang harus dimiliki sejak dini agar peserta didik mampu menghadapi problema hidup selalu berinteraksi. SMP Islamic Green mengadakan program – program yang menunjang kemampuan mereka dalam social communication skill. Program-program tersebut adalah:

Bertujuan agar peserta didik meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan terhadap orang-orang yang kekurangan.

Learner Outcome: peserta didik mampu bersosialisasi dan berinteraksi dengan segala lapis masyarakat dan juga akan tumbuh rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan

Bertujuan agar peserta didik dapat bertanya langsung kepada pemilik usaha.

Learner Outcome: peserta didik memiliki wawasan yang luas mengenai berbagai usaha home industri

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan keberanian peserta didik untuk tampil di depan khalayak umum.

Learner Outcome: peserta didik berani dan lebih lancar dalam berkomunikasi  dan tampil di depan umum.

Resilience

Resiliensi sering diartikan sebagai ketahanan untuk mengatasi kesulitan atau berkembang, meskipun menghadapi tantangan. Kemampuan ini terdiri atas  regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, empati, analisis penyebab masalah, efikasi diri, dan peningkatan aspek positif. Resiliensi tidak tumbuh dengan sendirinya dalam diri setiap anak, tetapi harus dibangun. SMP Islamic Green mengadakan program – program yang menunjang kemampuan mereka dalam resiliensi. Program-program tersebut adalah:

Bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, iman dan taqwa peserta didik.

Learner Outcome: agar peserta didik lebih mandiri dalam berbagai hal, dan menambah ketaqwaan kepada Alloh SWT.

Bertujuan agar melatih kemandirian, kedisiplinan, dan kecintaan terhadap alam.

Learner Outcome: menjadi kepribadian yang mandiri, mencintai alam dan selalu menjaga kelestarian alam.

Scientific Logics

Scientific logic adalah cara berpikir secara sistematis dalam menyelesaikan problema ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. SMP Islamic Green mengadakan program – program yang menunjang kemampuan mereka dalam scientific logic.Program-program tersebut adalah:

Bertujuan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik.

Learner Outcome: peserta didik mampu membiasakan diri untuk membaca buku.

Bertujuan agar peserta didik mampu membuat dan memahami project science yang dibuatnya.

Learner Outcome: peserta didik mampu memahami dan melakukan eksperimen dengan baik dan sesuai prosedur.

Cambridge Examination Preparatory Programme

English Enrichment

English enrichment merupakan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Tujuan untuk meningkatkan pembedaharaan kata, melatih siswa untuk berbicara menggunakan kalimat bahasa Inggris secara utuh (SPOK).

Learner Outcome: peserta didik lebih fasih dan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.